Membiasakan Pola Hidup Sehat dengan Mudah

Membiasakan Pola Hidup Sehat dengan Mudah

Membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu kita untuk terhindar dari banyak penyakit dan hidup lebih lama. Mungkin kamu juga sudah mencoba untuk mengonsumsi makanan dari bahan-bahan organik, lebih banyak berolahraga atau tidur secara teratur, berhenti merokok, dan lain sebagainya. Tetapi, perlu usaha yang lebih untuk tetap menjaga pola gaya hidup sehat tersebut sehingga kita menjadi terbiasa. Banyak orang merasa gaya hidup sehat itu tidak mudah, sehingga merasa kesulitan kemudian menyerah. Kamu tidak perlu khawatir mengalami hal yang sama. Berikut beberapa tips sederhana dari RAHSA.ID yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat sejak dini.


Cukupi Kebutuhan Cairan


Tanpa kita sadari, sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang asupan air putih. Hal ini tentu tidak baik, sebab air sangat penting bagi tubuh kita. Setiap harinya, kita kehilangan air melalui buang air kecil / besar, keringat, dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air yang hilang. Namun, sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah berat badan, kondisi iklim dan cuaca, hingga aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Tetapi, pada umumnya kita memerlukan 2 - 3 liter asupan air per hari. Jika muncul tanda-tanda seperti urine berwarna atau agak kekuningan, bibir kering, dan mulut kering, segeralah minum air karena itu artinya tubuhmu mulai kekurangan cairan.


Tidur dan Istirahat Cukup


Tidur dan istirahat yang cukup adalah kunci dari keberhasilan hidup yang sehat. Faktor ini sangat beralasan, sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktivitas kembali dengan maksimal. Tidur yang cukup juga disinyalir dapat menunda penuaan dini. Apabila kamu tidak sempat beristirahat secara cukup karena banyaknya pekerjaan, kamu juga bisa mengganti tenagamu yang hilang dengan makan sedikit lebih banyak meskipun tidak disarankan sering-sering. 


Biasakan Olahraga Teratur


Berolahraga setiap hari secara teratur dapat membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, meningkatkan kepadatan tulang, hingga penurunan berat badan. Ketika kamu menikmati olahraga, kamu akan secara alami ingin melakukannya. Sebab, olahraga yang terpaksa akan menimbulkan rasa penderitaan yang membuatmu menjadi malas. Jadi, pilih olahraga yang kamu senangi dan lakukanlah secara rutin. Tips dari RAHSA.ID: berikan tubuh lebih banyak olahraga yang menyenangkan dan berkelompok seperti basket, sepak bola, renang, tenis, badminton atau voli dan masih banyak yang lain. Berolahraga dengan orang lain akan mengurangi rasa penat dan memberi lebih banyak semangat. Jika kamu tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau beraktivitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift juga bisa menjadi pengganti olahraga yang mudah dan murah.


Konsumsi Makanan Sehat Bergizi Seimbang


Perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran dan buah serta kurangi vitamin sintetis. Setidaknya, kita harus mengkonsumsi 5 - 9 porsi buah-buahan / sayuran setiap harinya. Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh, karena mereka mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh kita. Tidak lupa, pilih bahan-bahan dasar organik untuk masakanmu agar terjamin lebih sehat. RAHSA.ID menghadirkan beragam kebutuhan pangan menggunakan bahan-bahan 100% alami tanpa bahan kimia sintetis.

Sebaliknya, makanan olahan atau kalengan sebaiknya dihindari karena memiliki nilai gizi yang tidak sempurna, adanya pengawet buatan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu panjang. 


Hindari Penggunaan Gula dan Garam Terlalu Banyak


Sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tidak disertai dengan olahraga yang cukup, seringkali membuat banyak orang mengalami penyakit degeneratif berbahaya. Penyakit seperti hipertensi, stroke, jantung, hingga diabetes kerap timbul karena pola hidup yang tidak sehat. Ditambah lagi, kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi gula berlebih dan makan terlalu banyak nasi (karbohidrat). Padahal, konsumsi gula harian per individu yang direkomendasi adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok teh. Selain gula, yang juga perlu dibatasi adalah garam dengan konsumsi harian 5 gram atau satu sendok teh per hari.


Menjaga Berat Badan Ideal


Menjaga pola makan dengan benar dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit degeneratif dan mempertahankan berat badan yang ideal. Jika kamu sedang berusaha menaikkan atau menurunkan berat badan menjadi ideal, konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain itu, penting juga untuk memulai pagi hari dengan sarapan yang sehat, misalnya dengan susu rendah lemak atau #MorningShot dari RAHSA.ID. Tidak hanya itu, selain mengurangi gula dan garam kamu juga perlu mengurangi minuman soda dan kemasan, makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji, dan kudapan manis instan. Pastikan selalu asupan nutrisi yang kamu konsumsi berasal dari bahan-bahan alami.

 

Kurangi Stress


Jangan lupa, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik sehingga keduanya harus berjalan seiringan. Kesehatan mental yang buruk dapat menguras energi dan fokus, bahkan meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit. Untuk mengurangi stress, kamu bisa melakukan olahraga secara teratur. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik merangsang produksi endorfin, zat kimia otak yang bisa membuatmu merasa bahagia dan tenang. Selain dengan olahraga, stress juga bisa dikontrol dengan bersosialisasi. Hubungan antar manusia dapat menghilangkan rasa kesepian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa habiskan waktu bersama keluarga atau teman, ya! Jika tidak memungkinkan, selalu sempatkan waktu untuk bersilaturahmi meskipun hanya menggunakan teknologi.

 

Cintailah Diri Sendiri


Dengan mencintai diri sendiri, kamu akan terhindar dari dampak buruk stress yang akan berakibat buruk bagi kesehatan fisikmu. Selain itu, kamu juga dapat mengambil lebih banyak manfaat dan ketenangan diri dengan memiliki pikiran positif terhadap cara pandang kehidupan yang lebih luas.


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published