Tips Memasak Sehat dengan Hemat

Tips Memasak Sehat dengan Hemat

Masalah kesehatan kini menjadi hal yang sangat penting, sebab kesehatan tak ternilai harganya. Mengapa? Karena bila kita tidak menjaga tubuh kita dengan baik, maka penyakit pun akan datang dengan sendirinya. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini dikarenakan biaya finansial untuk pengobatan tidaklah kecil. Oleh sebab itu, menerapkan pola hidup yang sehat menjadi modal  utama yang harus dilakukan sejak dini.

Nah, hidup sehat bukan hanya berarti makan sayur mayur dan buah sesekali saja, atau jogging setiap beberapa minggu sekali, namun kamu harus benar-benar konsisten dan memiliki komitmen dalam menjalaninya. Menjalani pola hidup yang sehat tentu tidaklah suatu hal yang mudah. Sebab, kita sekarang hidup di era yang erat dengan fast food yang serba praktis. Apalagi, godaan makanan lainnya yang mengandung MSG atau penyedap rasa sehingga terkesan lebih enak untuk dikonsumsi. Padahal, kamu juga bisa lho menciptakan hidangan lezat namun juga sehat.

Nikmat tidaknya sebuah hidangan bergantung pada cara memasak dan bahan-bahan yang digunakan. Dengan memasak sendiri, kamu dapat menakar bahan-bahan tersebut sesuai selera dan menghadirkan jamuan yang terjamin sehat. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasan RAHSA.ID berikut ini.


Kurangi Penggunaan Makanan Olahan


Jika bisa memilih produk makanan berbahan alami atau organik, maka minimalkan penggunaan produk-produk kemasan dengan banyak zat kimia seperti pengawet, pewarna, dan perasa. Belum lagi adanya tambahan gula, gluten, dan sodium yang bisa meningkatkan jumlah asupan kalori dalam tubuh. Kelebihan kalori tentunya bukanlah hal yang tepat terutama untuk menghadirkan pola makan yang lebih sehat.


Masak Menggunakan Kaldu atau Minyak Kelapa


Ketika berjalan di lorong supermarket, kadang terdapat keraguan untuk memilih minyak goreng yang sehat. Minyak zaitun selalu tampak seperti pilihan yang aman, tapi kadang perlu mengetahui cara pakai yang benar. Salah satu tips untuk membuat hidangan yang lebih lezat dan sehat adalah menggunakan kaldu. Jika ingin membuat tumisan, gunakan sedikit kaldu untuk membuat efek sayuran layu. Demikian juga saat mengolah daging, kaldu akan membuat daging lebih berasa bumbunya. Namun dalam urusan memasak di suhu yang lebih tinggi, minyak kelapa adalah pilihan yang baik karena minyak kelapa terdiri dari lebih dari 90 persen lemak jenuh yang membuatnya lebih tahan panas. Disinyalir bahwa asam laurat, sejenis asam lemak jenuh dalam minyak kelapa, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan kolesterol LDL (jahat). Oleh karena itu, kita masih direkomendasikan untuk mengkonsumsi minyak kelapa dalam jumlah kecil dalam konteks pola diet sehat. Kamu bisa mendapatkan minyak kelapa Javara yang dijamin aman dan sehat dengan harga yang terjangkau di RAHSA.ID.


Siram Daging dengan Air Panas


Usai merebus daging, siramlah dengan air panas. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lemak yang keluar selama proses pemanasan. Lewat cara ini, daging yang kamu sajikan akan terasa lebih lezat dan bebas lemak. Bumbui dengan beragam rempah yang lengkap agar rasanya kian menggoda.


Memasukkan Sayuran dalam Setiap Hidangan


Agar komposisi gizi harian tetap terpenuhi secara seimbang, sajikan sayuran hijau dalam setiap masakan. Sayuran mengandung banyak nutrisi yang tidak mudah ditemukan dalam makanan lain. Contohnya adalah vitamin dan mineral. Sayuran juga kaya akan serat yang bisa membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal.


Gunakan Produk Bebas Gluten


Pernahkah kamu melihat kemasan makanan bertuliskan gluten free atau bebas gluten? Apakah kamu tahu apa itu gluten? Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum hasil persilangan, gandum biasa, dan jelai. Jadi makanan bebas gluten adalah makanan yang tidak mengandung protein tersebut, atau mengandung dalam jumlah yang sangat sedikit. Pada awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita penyakit celiac. Sistem kekebalan tubuh penderita celiac akan menganggap gluten sebagai ancaman. Sehingga, lapisan dinding usus kecil akan membuat semacam pertahanan atau pelapis yang menghalangi tubuh untuk menyerap nutrisi. Akibatnya, berat badan menurun dan efek samping lainnya. Selain untuk penderita celiac, makanan bebas gluten juga dibuat untuk yang cukup sensitif terhadap gluten atau disebut intoleran gluten. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kamu agar mengkonsumsi makanan bebas gluten karena dijamin lebih sehat untuk tubuhmu. 

Untuk mendukung kegiatan masak sehatmu di rumah, RAHSA.ID menghadirkan paket bundling #HealthyCooking Rasana Bumbu (Kuning, Putih dan Merah) dari Rahsa Nusantara x @kelincitertidur dan Tepung Bumbu, Pasta Fusilli Singkong, juga Mac & Cheese Singkong dari Ladang Lima. Seluruh bahan dijamin bebas dari zat kimia berbahaya, bebas gluten, tanpa tambahan telur dan pewarna. Paket bundling Healthy Cooking dapat kamu kreasikan sesuai dengan selera, dijamin aman dan menyehatkan.


Untuk menjalani pola hidup yang sehat, kamu perlu memiliki kesadaran dari dalam diri untuk mengubah pola hidup yang lama dan menggantinya dengan yang baru. Banyak orang malas untuk hal yang satu ini karena dirasa merepotkan. Di RAHSA.ID, kamu akan menemukan berbagai macam produk yang terjamin aman dan menyehatkan. Tidak hanya itu, bahan-bahan produk yang tersedia di RAHSA.ID berasal dari petani-petani tradisional di Indonesia sehingga dengan membeli produk di RAHSA.ID, itu artinya kamu juga mendukung produk anak negeri dan memperkaya keragaman lokal. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai gaya hidup sehat dari sekarang!  


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published