Ragam Nutrisi dalam Piringmu

Ragam Nutrisi dalam Piringmu

Teman Rahsa,

Berbicara mengenai rutinitas makan yang baik, mukan bukan hanya sekedar untuk kenyang lho, namun juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Keragaman makanan dalam satu piring merupakan hal yang tak bisa ditawar, mencakup protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seimbang. Mengapa konsumsi pangan beragam menjadi penting? Karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh secara lengkap. Tak hanya untuk kesehatan, asupan nutrisi dari makanan bergizi juga penting untuk mencegah terserang penyakit. 

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga telah mengkampanyekan slogan "Isi Piringku" sebagai pengganti slogan "4 Sehat 5 Sempurna" untuk pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang. Secara garis besar, Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Kampanye ini juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. Tak hanya makanan, kampanye tersebut juga menekankan empat hal penting lainnya yaitu cuci tangan sebelum makan, aktivitas fisik yang cukup, minum air putih cukup, dan memantau tinggi badan dan berat badan. Mengkonsumsi makanan yang sehat tidak sulit untuk dilakukan, karena banyak terdapat pilihan makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. 


Beragam Jenis Makanan Sehat Bergizi Seimbang


Beberapa pilihan makanan sehat bergizi seimbang yang seharusnya dikonsumsi secara rutin oleh Teman Rahsa, antara lain:


  • Sayuran
  • Makanan sehat pada umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran menjadi komponen utama dalam jenis makanan sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi, brokoli, kangkung, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.


  • Buah-buahan
  • Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya adalah: apel, jeruk, pisang, alpukat, hingga lupa buah-buahan berry seperti blueberry dan strawberry yang tidak hanya rendah kalori, namun juga kaya akan antioksidan dan serat.


  • Daging dan telur
  • Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.


  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.


  • Ikan dan makanan laut lainnya
  • Ragam makanan laut terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.


  • Susu
  • Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Anda juga bisa mengkonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.


    Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan. Pertama, hindari makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan. Hindari juga makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila Anda ingin mengkonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan sesekali.

    Mulailah mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam variasi sajian yang menarik setiap harinya. Jika perlu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.


    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published